<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND\r\nCOMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT FACILITATOR\r\nAND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN\r\nHASIL BELAJAR IPA\r\n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor)"^^ . "HERMI JULIA PRIHATINI. 036111050. Penerapan Model Pembelajaran\r\nCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Student\r\nFacilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA\r\nKelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di\r\nbawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S., dan Dra. Triasianingrum\r\nAfrikani, S.U.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action\r\nresearch). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa\r\ndengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and\r\ncomposition (CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) pada materi\r\nsistem gerak dan sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada\r\ntanggal 09 s/d 29 Oktober 2015 dengan jumlah siswa 36 orang. Proses penelitian\r\ntindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat\r\ntahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observer/pengamatan dan refleksi. Akhir\r\ndari setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan uji\r\nreliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti.\r\nRata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa siklus 1 mencapai 71,10 dengan\r\npresentase ketuntasan minimum hanya mencapai 69,44% sedangkan pada siklus 2\r\nrata-rata nilai mencapai 76,89 dengan presentase ketuntasan mencapai 80,56%.\r\nRata-rata hasil belajar afektif siswa siklus 1 yaitu 70,21 dengan presentase\r\nketuntasan 72,22% dan pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat mencapai 73,67\r\ndengan presentase sebesar 77,78%. Hasil belajar psikomotor siklus 1 rata-rata nilai\r\nhasil belajar siswa mencapai 70,70 dengan presentase hanya mencapai 62,50%,\r\nsedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,83 dengan presentase mencapai\r\n77,78%. Aktivitas on task siswa pada siklus 1 mencapai 69,44%, sedangkan pada\r\nsiklus 2 aktivitas on task siswa mengalami peningkatan mencapai 80,03%.\r\nBerdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa\r\npenerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition\r\n(CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil\r\nbelajar IPA siswa kelas VIII-B SMP PGRI 12 Bogor.\r\nKata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Cooperative Integrated Reading and\r\nComposition (CIRC), Student Facilitator and Explaining (SFAE),\r\nHasil Belajar."^^ . "2021-01-11" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Rita"^^ . "Retnowati"^^ . "Rita Retnowati"^^ . . ""^^ . "Triasianingrum"^^ . " Triasianingrum"^^ . . "Hermi Julia"^^ . "Prihatini"^^ . "Hermi Julia Prihatini"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND\r\nCOMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT FACILITATOR\r\nAND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN\r\nHASIL BELAJAR IPA\r\n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor) (Text)"^^ . . . "2021 P. BIO HERMI.pdf"^^ . . "HTML Summary of #4754 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN \nCOOPERATIVE INTEGRATED READING AND \nCOMPOSITION (CIRC) DAN STUDENT FACILITATOR \nAND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN \nHASIL BELAJAR IPA \n(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-B di SMP PGRI 12 Bogor)\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .