eprintid: 4768 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/47/68 datestamp: 2022-09-12 03:10:48 lastmod: 2022-09-15 03:52:11 status_changed: 2022-09-12 03:10:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Primawati, Rania Najla creators_name: Nurjaman, Aam creators_name: Talitha, Stella creators_NPM: 032116029 creators_NPM: 0016116501 creators_NPM: 0417099101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_name: Talitha, Stella contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Rania Najla Primawati: “Analisis Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020. Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran tidak luput dari penggunaan model pembelajaran yang dipilih oleh guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Model pembelajaran discovery learning memiliki enam sintak atau langkah pembelajaran, yakni stimulus atau pemberian rangsangan, pertanyaan atau identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah model pembelajaran discovery learning, serta kesesuain model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan sumber data dalam penelitian ini ialah rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi kelas VIII SMP Bogor. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ialah teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam keseluruhan RPP yang telah dikaji, yaitu RPP SMP Bina Putera, SMPN 1 Cisarua, SMPN 3 Cibungbulang, SMPN 1 Dramaga, dan SMPN 4 Bogor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks eksplanasi sudah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: rencana pelaksanaan pembelajaran, model discovery learning, teks eksplanasi date: 2020-07-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Primawati, Rania Najla and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2020) ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4768/1/2020%20PBSI%20RANIA.pdf