eprintid: 4935 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/49/35 datestamp: 2022-09-12 07:37:20 lastmod: 2022-09-12 07:37:20 status_changed: 2022-09-12 07:37:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irsandi, Dian creators_name: Jaenudin, Jaenudin creators_name: Ramdani, Sri Hidajati creators_NPM: 021114248 creators_NPM: 0429106002 creators_NPM: 0411117102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Irsandi, Dian contributors_name: Jaenudin, Jaenudin contributors_name: Ramdani, Sri Hidajati contributors_NIDN: 021114248 contributors_NIDN: 0429106002 contributors_NIDN: 0411117102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajemen title: Optimalisasi Sistem Antrian Pada Pelayanan Regsitrasi Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Bogor, ispublished: pub subjects: 31 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Dian Irsandi, 021114248, Program Studi Manajemen, Manajemen Operasi, Optimalisasi Sistem Antrian Pada Pelayanan Regsitrasi Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Bogor, Dibawah bimbingan Bapak Jaenudin dan Ibu Sri Hidajati Ramdani, 2018. Pemerintah wajib menyediakan fasilitas kesehatan yang optimal untuk memenuhi dan mewujudkan hak bagi setiap warga negara dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Lamanya prosedur registrasi serta pelayanannya seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasien. Fenomena mengantre terlihat pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. antrian panjang yang terjadi pada loket registrasi pasien rawat jalan kerap kali terjadi dikarenakan jumlah loket yang tidak memadai dan pelayanan pasien yang melebihi waktu standar. Konsep standar waktu yang diterapkan yaitu 2 menit untuk pelayanan registrasi pasien lama dan 5 menit untuk pelayanan registrasi pasien baru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakterisitk dari sistem antrian pada pelayanan loket registrasi pasien rawat jalan di RSUD Kota Bogor guna melakukan analisis, (2) Merancang model antrian yang optimal pada loket registrasi pasien rawat jalan di RSUD Kota Bogor. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Analisa data dilakukan melalui Analisa deskriptif dan metode Multi Channel – Single Phase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pelayanan optimal pada pelayanan loket registrasi pasien rawat jalan baru menggunakan 2 loket karena biaya tunggu yang dikeluarkan pasien serta total biaya lebih minimum yaitu sebesar Rp 49.600,- serta rata-rata waktu pasien baru di dalam antrian selama 5,42 menit. Sedangkan untuk pelayanan loket registrasi pasien rawat jalan lama menggunakan 3 loket lebih baik dibandingkan menggunakan 2 loket karena total biaya lebih minimum yaitu sebesar Rp 66.120,- serta waktu rata-rata waktu pasien lama di dalam antrian selama 0,85 menit. Walaupun biaya fasilitas meningkat, tetapi waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan berkurang. Kata Kunci : Sistem Antrian, Multi Channel Single Phase, Optimaslisai date: 2018-04-12 date_type: published pages: 80 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajemen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Irsandi, Dian and Jaenudin, Jaenudin and Ramdani, Sri Hidajati (2018) Optimalisasi Sistem Antrian Pada Pelayanan Regsitrasi Pasien Rawat Jalan di RSUD Kota Bogor,. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4935/1/Skripsi%20Dian%20Irsandi_021114248.pdf