TY - THES N2 - Dinda Pradina : Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Cerita Fantasi Kelas VII SMA Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat membantu guru untuk melakukan proses pembelajaran dengan baik. Dalam RPP terdapat komponen penting yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran menjadi lebih terstruktur salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai sintak model pembelajaran problem based learning (PBL) yang diterapkan pada RPP cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Fokus penelitian ini adalah langkah-langkah model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Yaitu orientasi masalah pada siswa, mengorganisasi siswa pada masalah, membimbing penyelidikan siswa secara mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penerapan sintak model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam rencana pelaksanaan pembelajaran cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, atinya hasil penelitian dipaparkan berupa kata-kata dari beberapa temuan data yang telah diolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dengan pengkajian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 1 Dramaga Kabupaten Bogor. Dari hasil analisis tersebut ditemukan 21 data yang terdiri atas dua pertemuan. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian RPP tersebut terdapat satu data yang tidak sesuai dengan langkah model pembelajaran problem based learning (PBP) namun secara keseluruhan data yang ditemukan telah menerapkan kesesuaian langkah model pembelajaran problem based learning (PBL). Hal ini menunjukan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran cerita fantasi kelas VII SMP Negeri 1 Dramaga telah sesuai dalam menerapkan menerapkan sintak model pembelajaran problem based learning (PBL) walaupun terdapat satu data yang tidak sesuai. Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Cerita Fantasi A1 - Pradina, Dinda A1 - Mahajani, Tri A1 - Suwarna, Dadan Y1 - 2020/06/13/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4945/ PB - Universitas Pakuan TI - ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DRAMAGA KABUPATEN BOGOR ID - eprintsunpak4945 AV - public M1 - Skripsi ER -