@phdthesis{eprintsunpak4951, school = {Universitas Pakuan}, author = {Taofik Hidayat and Yuyun Elizabeth Patras and Lina Novita}, title = {HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL}, month = {July}, year = {2018}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4951/}, abstract = {Taofik Hidayat 037114170. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diridengan hasil belajar ips. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel Konsep Diri dansoal pilihan gandauntuk Hasil Belajar IPS. Uji validitas instrumen konsep diri dan hasil belajar ips dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogoryang berjumlah 100 siswa. Sampel yang diambil 51 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan konsep diridengan hasil belajar ips. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu {\^Y} = 66,18+0,17X, dengan harga thitung sebesar 35,38 lebih besar dari ttabeldengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,009, dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 27\%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapathubungan konsep diridengan hasil belajar ips siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 4 Kota Bogor tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Konsep Diri, Hasil Belajar, IPS.} }