eprintid: 4955 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/49/55 datestamp: 2022-09-12 07:41:06 lastmod: 2022-09-15 03:02:10 status_changed: 2022-09-12 07:41:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rachmah, Siti Annisa creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Rosdiana, Rina creators_NPM: 037113108 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0017017001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PERNAPASAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Siti Annisa Rachmah, 037113108. Perbedaan Hasil Belajar Materi Alat Pernapasan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together dan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif NHT (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), TGT (kelas eksperimen 2) dengan konvensional (kelas kontrol) dan NHT (kelas ekperimen 1) dengan TGT (kelas eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojonggede 02 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, dengan jumlah sampel 108 siswa di kelas VA, VB, VC pada bulan November, semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, homogenitas varians, kemudian uji t. Perhitungan N-Gain diperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas NHT di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,124, pada kelompok kelas TGT di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,11 ≤ 0,145, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,02 ≤ 0,128. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X 2 hitung sebesar (1,793) lebih kecil dari x2 tabel 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 3,75 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99495, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan hasil Penelitian yaitu terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dan model pembelajaram kooperatif Teams Games Tournament. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Teams Games Tournament, Hasil Belajar date: 2018-05-26 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rachmah, Siti Annisa and Hidayat, Rais and Rosdiana, Rina (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI ALAT PERNAPASAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4955/1/2018%20PGSD%20SITI%20ANNISA%20RACHMAH.pdf