eprintid: 4959 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/49/59 datestamp: 2022-09-10 02:49:33 lastmod: 2022-09-16 04:11:00 status_changed: 2022-09-10 02:49:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hardiyani, Risda creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Suchyadi, Yudhie creators_NPM: 037114116 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0427077402 creators_id: yudhie.suchyadi@unpak.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Sy contributors_name: Suchyadi, Yudhie contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Risda Hardiyani. 037114116. Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2018. Penelitian ini dengan desain dan model penelitian korelasional, serta dilaksanakan secara kolaboratif. Dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa. Distribusi frekuensi data statistik deskriptif variabel hasil belajar siswa dan kebiasaan belajar menghasilkan varian sampel 130,17 dengan standar deviasi 11.4 yang menunjukkan bahwa hasil dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan. Perhitungan jawaban kuesioner variable kebiasaan belajar menhasilkan nilai varian sampel 141 dengan standar deviasi 11,9. Uji normalitas menggunakan Liliefors diperoleh Lhitung = 0,0746 yakni normal. Hubungan kebiasaan belajar (X) dengan hasil belajar IPA (Y), berdasarkan hasil dari perhitungan uji signifikasi, dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi, yaitu Ŷ=a+bX. Analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan mengukur kekuatan hubungan antara dua variable didapatkan dalam persamaan Ŷ=27,735 + 0,7106x, dengan harga Fhitung sebesar 61,45 lebih besar dari Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,03, dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 55%, maka terdapat hubungan signifikan positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Negeri Semplak 02 Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam date: 2018-08-19 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hardiyani, Risda and Anwar, Wawan Syahiril and Suchyadi, Yudhie (2018) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4959/1/2018%20PGSD%20RISDA%20HARDIYANI.pdf