eprintid: 4963 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/49/63 datestamp: 2022-09-12 07:42:32 lastmod: 2022-09-15 02:59:22 status_changed: 2022-09-12 07:42:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurfauziah, Anisa creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Permana, Irvan creators_NPM: 037113262 creators_NPM: 0008045902 creators_NPM: 0419047702 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Permana, Irvan contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0419047702 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Anisa Nurfauziah.037113262. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan Siswa.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan studi kausal melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas V di Lima Sekolah Dasar di Willayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 431 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel dari perhitungan rumus adalah sebanyak 207 siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Keaktifan Siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket berskala lima untuk kedua variabel. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan metode Fisher, dan uji sigifikansi menggunakan thitung. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = 97,0 + 0,21X. berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel sebesar 2,4688 > 1,962 menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan terdapat pengaruh positif pemberian reward dan punishment terhadap keaktifan siswa. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,157 termasuk kategori sangat rendah dan harga determinasi sebesar 16% yang berarti reward dan punishment berkontribusi terhadap keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan siswa maka dalam proses kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan pemberian Reward dan Punishment pada siswa kelas V di Lima Sekolah Dasar di Willayah Gugus V Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Kata kunci :Reward dan Punishment, Keaktifan Siswa date: 2018-07-17 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurfauziah, Anisa and Kurnia, Dadang and Permana, Irvan (2018) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4963/1/2018%20PGSD%20ANISA%20NURFAUZIAH.pdf