eprintid: 4971 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/49/71 datestamp: 2022-09-12 07:44:39 lastmod: 2022-09-15 02:58:23 status_changed: 2022-09-12 07:44:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Septiana, Riesta creators_name: Pursitasari, Indarini Dwi creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_NPM: 037111434 creators_NPM: 04096908 creators_NPM: 8807070018 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Purpitasari, Indarini Dwi contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_NIDN: 04096908 contributors_NIDN: 8807070018 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA StudiKausalpadasiswaKelas V SekolahDasarNegeriParung 02 Kabupaten Bogor Semester GanjilTahunPelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: RiestaSeptiana. 037111434. Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh kecerdasan Interpersonal terhadap keterampilan berbicara siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala likert untuk variabel kecerdasan interpersonal dan melakukan penilaian tes bercerita untuk variabel keterampilan berbicara. Uji validitas instrumen kecerdasan interpersonal dihitung menggunakan rumus Product Moment Pearson dan untuk uji reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Parung 02 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 42 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berbicara siswa, dengan koefisien regresi (rxy) sebesar 0,94 dan diperoleh thitung sebesar 18,25. Ini menunjukan adanya pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berbicara siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,90 atau sebesar 90%. Hal ini berarti nilai kontribusi kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berbicara sebesar 90%, melalui persamaan regresi Ŷ = -7,8 + 0,722X. Sisanya sebanyak 10% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan interpersonal terhadap keterampilan berbicara. Kata kunci : Kecerdasan interpersonal, Keterampilan berbicara, Kausal date: 2017-09-09 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Septiana, Riesta and Pursitasari, Indarini Dwi and Badruzzaman, Nedin (2017) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA StudiKausalpadasiswaKelas V SekolahDasarNegeriParung 02 Kabupaten Bogor Semester GanjilTahunPelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4971/1/2017%20PGSD%20RiestaSeptiana.pdf