eprintid: 4976 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/49/76 datestamp: 2022-09-13 04:01:17 lastmod: 2022-09-15 02:59:05 status_changed: 2022-09-13 04:01:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Endah Sri creators_name: Rostikawati, teti creators_name: Istiana, Rita creators_NPM: 036114061 creators_NPM: 001804600 creators_NPM: 0422056401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Istiana, Rita contributors_NIDN: 001804600 contributors_NIDN: 0422056401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ENDAH SRI RAHAYU. 036114061. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan Rita Istiana, S. Si, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2018. Populasinya adalah siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Cibungbulang Tahun akademik 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, karena semua kelas X bersifat Homogen. Sampel untuk kelas eksperimen adalah kelas X MIPA 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 36 siswa, dan X MIA 2 yang diberikan model pembelajaran Discovery Learning (DL) dengan jumlah 35 siswa. Perolehan nilai rata-rata N-Gain pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diperoleh hasil sebesar 65 dan Discovery Learning (DL) diperoleh hasil sebesar 46. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 pada ranah kognitif diperoleh thitung 2,85 sedangkan ttabelsebesar 1,66 sehingga diperoleh nilai thitung > ttable, dengan demikian hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL). Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif siswa, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning date: 2018-10-22 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Rahayu, Endah Sri and Rostikawati, teti and Istiana, Rita (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4976/1/2018%20P%20BIO%20ENDAH%20SRI%20RAHAYU.pdf