%I Universitas Pakuan %D 2018 %L eprintsunpak4987 %A Anne Savana %A Surti Kurniasih %A Munarti %X ANNE SAVANA. 036114025. Analisis Sequential Exploratory Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi Materi Sistem Respirasi di SMAN 1 Sukaraja. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M. Si, dan Munarti, M. Si. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method exploratory (kualitatif�kuantitatif) yang bertujuan untuk mengetahui faktor dominan atau variabel temuan yang mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah serta hubungan dari variabel temuan dengan kemampuan memecahkkan masalah. Penelitan ini dilaksanakan pada bula April hingga bulan Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI MIPA SMAN 1 Sukaraja tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Proporsional Random Sampling dengan kriteria Slovin. Sampel penelitian berjumlah 114 orang siswa yang tersebar di 5 kelas XI MIPA. Dari hasil wawancara diperoleh variabel temuan yaitu motivasi belajar (X1) dan minat belajar (X2). Setelah dilakukan uji korelasi Product Moment Person diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif kategori sedang untuk X1 dengan Y yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry1 sebesar 0,449 dan terdapat hubungan positif kategori sedang untuk X2 dengan Y yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi ry2 sebesar 0,485. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah adalah motivasi belajar (X1) dan minat belajar (X2). Kata kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kemampuan Memecahkan Masalah %T ANALISIS SEQUENTIAL EXPLORATORY KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI MATERI SISTEM RESPIRASI DI SMA NEGERI 1 SUKARAJA