@phdthesis{eprintsunpak4994, year = {2018}, title = {PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ?ULUM CIMAHPAR BOGOR}, school = {Universitas Pakuan}, month = {July}, author = {Lina Sulistiawati and Tri Mahajani and Suhendra}, abstract = {Lina Sulistiawati: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII MTs Darul ?Ulum Cimahpar Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Darul ?Ulum Cimahpar Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa kelas VIII MTs Darul ?Ulum Cimahpar Bogor dalam menulis teks berita melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Darul ?Ulum Cimahpar Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatan keterampilan menulis teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pretes kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata?rata kelas 63 itu berarti keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu dalam menulis teks berita, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 83 dengan taraf kemampuan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga thitung=3,12 dan d.b.=58 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 {\ensuremath{<}} 3,12 {\ensuremath{>}} 2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks berita melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa saat menulis teks berita siswa mengalami kendala dalam menuangkan berbagai ide atau gagasan ke dalam bentuk teks berita sebanyak 17 siswa atau 57\%, kendala dalam menggunakan kata verba pewarta saat menulis teks berita sebanyak 18 siswa atau 60\%, dan kendala dalam memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru sebanyak 18 siswa atau 60\%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita walaupun terdapat kendala selama proses pembelajaran. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh besar terhadap peningkatan yang dicapai oleh siswa. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Berita, Model Problem Based Learning (PBL)}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4994/} }