<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA\r\nPADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ‘ULUM CIMAHPAR BOGOR"^^ . "Lina Sulistiawati: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning \r\n(PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa \r\nKelas VIII MTs Darul ‘Ulum Cimahpar Bogor. Program Studi Pendidikan \r\nBahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan \r\nUniversitas Pakuan Bogor 2018.\r\nTujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning \r\n(PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII\r\nMTs Darul „Ulum Cimahpar Bogor serta untuk mengetahui kendala siswa kelas VIII\r\nMTs Darul „Ulum Cimahpar Bogor dalam menulis teks berita melalui penerapan \r\nmodel Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini \r\nyaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, \r\nangket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Darul \r\n„Ulum Cimahpar Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas \r\neksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan teknik Cluster Random \r\nSampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based Learning (PBL)\r\ndapat meningkatan keterampilan menulis teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal \r\ntersebut dibuktikan dengan hasil pretes kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata�rata kelas 63 itu berarti keterampilan siswa berada dalam kategori cukup mampu\r\ndalam menulis teks berita, sedangkan pada hasil postes nilai rata-rata kelas \r\neksperimen meningkat menjadi 83 dengan taraf kemampuan mampu. Hasil \r\nperbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus \r\nuji t, diperoleh data harga thitung=3,12 dan d.b.=58 dengan t taraf dituliskan menjadi \r\n1,67 < 3,12 > 2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas \r\neksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks \r\nberita melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti \r\nkebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa saat menulis teks berita siswa \r\nmengalami kendala dalam menuangkan berbagai ide atau gagasan ke dalam bentuk \r\nteks berita sebanyak 17 siswa atau 57%, kendala dalam menggunakan kata verba \r\npewarta saat menulis teks berita sebanyak 18 siswa atau 60%, dan kendala dalam \r\nmemecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru sebanyak 18 siswa atau 60%. \r\nDengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat \r\nmeningkatkan keterampilan menulis teks berita walaupun terdapat kendala selama \r\nproses pembelajaran. Akan tetapi, hal itu tidak berpengaruh besar terhadap \r\npeningkatan yang dicapai oleh siswa. \r\nKata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Berita, Model Problem Based Learning (PBL)"^^ . "2018-07-16" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Lina"^^ . "Sulistiawati"^^ . "Lina Sulistiawati"^^ . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . "Tri"^^ . "Mahajani"^^ . "Tri Mahajani"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA\r\nPADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ‘ULUM CIMAHPAR BOGOR (Text)"^^ . . . "2018 PBSI LINA SULISTIAWATI.pdf"^^ . . "HTML Summary of #4994 \n\nPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) \nDALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA \nPADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ‘ULUM CIMAHPAR BOGOR\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .