eprintid: 5021 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/21 datestamp: 2022-09-13 02:54:12 lastmod: 2022-09-14 08:10:19 status_changed: 2022-09-13 02:54:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sundari, Titi creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Kurniasih, Surti creators_NPM: 036113095 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNINGDI SMA IT DARUL MARHAMAH Skripsi Diajukan sebagai salah satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: TITI SUNDARI. 036113095. Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem based Learning. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalahBiologi menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA IT Darul Marhamah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif - quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga September 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA IT Darul Marhamahtahun akademik 2017/2018. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model pembelajaran Creative Probkem Solvingdengan jumlah 30 siswa, dan kelas X MIPA 4 untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dengan jumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan memecahkan masalah diperoleh data bahwa rata-rata nilai N-GainkelasN-Gain kelas Creative Problem Solvingsebesar 62. Sedangkan rata-rata nilaiN-GainkelasProblem Based Learning (PBL) sebesar 49. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan α = 5 % (0,05) diperoleh thitung> ttabel. Dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah biologi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solvingdengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Diantara kedua model eksperimen tersebut, hasil kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solvinglebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving Learning. Kata Kunci : Kemampuan Memecahkan Masalah, Creative Problem Solving dan Problem Based Learning date: 2017-09-14 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sundari, Titi and Hidayat, Nandang and Kurniasih, Surti (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNINGDI SMA IT DARUL MARHAMAH Skripsi Diajukan sebagai salah satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5021/1/2017%20P.BIO%20TITI%20SUNDARI.pdf