eprintid: 5028 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/28 datestamp: 2022-09-13 02:56:51 lastmod: 2022-09-15 04:01:50 status_changed: 2022-09-13 02:56:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulla, Faridatul creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Novita, Lina creators_NPM: 037113 344 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0412117404 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Novita, Lina contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0412117404 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM StudiinidenganPendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Semester GenapTahunPelajaran2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Faridatul Ulla, NPM 037113344. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan, Bogor. 2017.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, melalui 2 siklus dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 kelas IV yang terdiri dari 26 siswa, terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan proses pembelajaran dengan memperoleh nilaipada siklus I 75,13% dan siklus II memperoleh nilai 86,14%. Begitu pula hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I sebesar 72,16%, dan siklus II memperoleh nilai 88,5%. Sedangkan hasil belajar siklus I memperoleh ketuntasan hasil belajar 65,38% dengan nilai rata-rata sebesar 66,12, pada siklus II meningkat menjadi 88,46%dengan nilai rata-rata 77,72 artinya penelitian berhasil.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Selain itu Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan perubahan perilaku siswa yaitu disiplin, kerjasama, tanggung jawab dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model PembelajaranJigsaw, Ilmu Pengetahuan Alam. date: 2017-05-15 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ulla, Faridatul and Anwar, Wawan Syahiril and Novita, Lina (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM StudiinidenganPendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibungbulang 01 Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor Semester GenapTahunPelajaran2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5028/1/2017%20PGSD%20FARIDATUL%20%20ULLA.pdf