eprintid: 5029 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/29 datestamp: 2022-09-13 02:57:10 lastmod: 2022-09-14 08:04:07 status_changed: 2022-09-13 02:57:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Dewi creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037114074 creators_NPM: 0008045902 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Dewi Lestari. 037114074. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini menggunakan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Alat Pernapasan pasa siswa kelas V melalui model Inkuiri Terbimbing. Objek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 kelas V yang terdiri 30 siswa,dengan komposisi 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 75,1, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84, hasil observasi perubahan sikap siswa pada siklus I 76,5, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84,5, serta nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 76,6%, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,9 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Ilmu Pengetahuan Alam date: 2018-09-12 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Lestari, Dewi and Kurnia, Dadang and Sundari, Fitri Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang Serikat 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5029/1/2018%20PGSD%20Dewi%20Lestari.pdf