%T PENGARUH KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Studi Kausal di Kelas IVSekolah Dasar Negeri Banjarsari 02 Kecamatan CiawiKabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran %L eprintsunpak5030 %D 2017 %X Novie Indah Permatasari. 037113185. Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi kausal. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kreativitas siswa dan pengambilan hasil tes Uji validitas instrumen kreativitas siswa dihitung menggunakan rumus koefisien Korelasi Product Moment Pearsondan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi yang digunakan pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Banjarsari 02 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor yang berjumlah 66 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan IV B berjumlah 40 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas lilieforsuntuk variabel kreativitas siswa dan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan menunjukan bahwa Lhitung < Ltabel = 0,0993<0,0349 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Setelah dari normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett menggunakan bahwa Fhitung