%X WINDY MELIANA. 036114034. Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Math) untuk Melatih System Thinking pada Materi Energi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd dan Didit Ardianto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran STEM untuk melatih system thinking siswa pada materi energi. Sebanyak 14 orang siswa terlibat sebagai sampel dalam metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi untuk mengetahui karakteristik pembelajaran IPA berbasis STEM, tes uraian yang digunakan untuk mengukur system thinking, dibuat mengacu pada 6 indikator system thinking dan daftar pertanyaan wawancara untuk mengetahui respon siswa, setelah melalui pembelajaran IPA berbasis STEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pembelajaran IPA berbasis STEM bersifat kontekstual, student-centered, dapat melatih system thinking siswa, menyenangkan serta memudahkan siswa dalam mempelajari konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa system thinking siswa dapat dilatih melalui pembelajaran IPA berbasis STEM, ditunjukan dengan peningkatan system thinking siswa dari sebelum dan setelah pembelajaran. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan mengenai pembelajaran IPA berbasis STEM sebaiknya guru lebih memperhatikan stimulus yang diberikan sesuai dengan jenjang pemahaman siswa. Instrumen system thinking yang akan digunakan pun perlu pengkajian lebih dari berbagai sumber agar dapat mengukur keterampilan system thinking dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, STEM, System Thinking %I Universitas Pakuan %D 2018 %A Windy Meliana %A Bibin Rubini %A Didit Ardiyanto %L eprintsunpak5031 %T PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATH) UNTUK MELATIH SYSTEM THINKING PADA MATERI ENERGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan