<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA\r\n\r\nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017"^^ . "Putri Dwi Cahyani. 037112389. Penerapan ModelPembelajaranBermain PeranUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiapada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017.\r\nPenelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui penerapan metode pembelajaran Bermain Peran.\r\nSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 17 siswa dan perempuan sebanyak 14 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 73,70 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 45,16%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 93,14 atau ketuntasan belajar 83,87%, artinya penelitian ini berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada silklus I sebesar 73,70%, sedangkan siklus II sebesar 93,14%. Sedangkan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh hasil pada siklus I yaitu 67,67%, sedangkan siklus II memperoleh hasil 76,31%.\r\nBerdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaranBermain Perandapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor.\r\n\r\nKata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bermain Peran, Bahasa Indonesia."^^ . "2017-05-17" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Putri Dwi"^^ . "Cahyani"^^ . "Putri Dwi Cahyani"^^ . . "Nedin"^^ . "Badruzzaman"^^ . "Nedin Badruzzaman"^^ . . "Rais"^^ . "Hidayat"^^ . "Rais Hidayat"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA\r\n\r\nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 (Text)"^^ . . . "2017 PGSD PUTRI DWI CAHYANI.pdf"^^ . . "HTML Summary of #5033 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA \n \nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .