TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/5033/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Cahyani, Putri Dwi A1 - Badruzzaman, Nedin A1 - Hidayat, Rais TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ID - eprintsunpak5033 Y1 - 2017/05/17/ N2 - Putri Dwi Cahyani. 037112389. Penerapan ModelPembelajaranBermain PeranUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiapada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui penerapan metode pembelajaran Bermain Peran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 17 siswa dan perempuan sebanyak 14 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 73,70 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 45,16%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 93,14 atau ketuntasan belajar 83,87%, artinya penelitian ini berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada silklus I sebesar 73,70%, sedangkan siklus II sebesar 93,14%. Sedangkan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh hasil pada siklus I yaitu 67,67%, sedangkan siklus II memperoleh hasil 76,31%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaranBermain Perandapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bermain Peran, Bahasa Indonesia. ER -