eprintid: 5033 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/33 datestamp: 2022-09-13 02:58:17 lastmod: 2022-09-14 07:55:53 status_changed: 2022-09-13 02:58:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Cahyani, Putri Dwi creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Hidayat, Rais creators_NPM: 037112389 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 0426067204 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Hidayat, Rais contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0426067204 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Putri Dwi Cahyani. 037112389. Penerapan ModelPembelajaranBermain PeranUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiapada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017. Penelitian ini dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV melalui penerapan metode pembelajaran Bermain Peran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02Kabupaten Bogor sebanyak 31 siswa dengan komposisi laki-laki 17 siswa dan perempuan sebanyak 14 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 73,70 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 45,16%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 93,14 atau ketuntasan belajar 83,87%, artinya penelitian ini berhasil. Begitu pula dengan penilaian kualitas proses pembelajaran pada silklus I sebesar 73,70%, sedangkan siklus II sebesar 93,14%. Sedangkan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa keaktifan, kerjasama dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh hasil pada siklus I yaitu 67,67%, sedangkan siklus II memperoleh hasil 76,31%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaranBermain Perandapat memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bermain Peran, Bahasa Indonesia. date: 2017-05-17 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Cahyani, Putri Dwi and Badruzzaman, Nedin and Hidayat, Rais (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFBERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Citeureup 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5033/1/2017%20PGSD%20PUTRI%20DWI%20CAHYANI.pdf