relation: http://eprints.unpak.ac.id/5036/ title: PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE(7E) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan creator: Marcelin, Delina creator: Rostikawati, Teti creator: Yani, Indri subject: PENDIDIKAN BIOLOGI description: DELINA MARCELIN.036113007. Perbedaan Model PembelajaranLearning Cycle (LC) Dan Group Investigation(GI)TerhadapHasilBelajarBiologiSiswa. Skripsi.UniversitasPakuan. Bogor. Di BawahBimbinganDra. R. TetiRostikawati, M.Sidan Indri YaniM.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif-eksperimen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigaton (GI) padamateristrukturdanfungsijaringantumbuhandanhewan. Penelitianinidilaksanakanpada bulan Januari 2017.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XII MIA di SMA Negeri 1 Parungkudatahunakademik 2017/2018. TeknikpengambilansampelmenggunakanSampling Purposive. Sampeluntukkelaseksperimenadalahkelas XI MIA 1 yang diberikanperlakuan model pembelajaranLearning Cycle (LC) denganjumlah 37siswa, dan XI MIA 3 yang diberikan model pembelajaranGroup Investigation (GI) denganjumlah 36siswa. Berdasarkanhasiluji-t padatarafsignifikan α = 0,05 padaranahkognitifdiperolehFhitung4,48sedangkanFtabelsebesar = 1,99 sehinggadiperolehnilai F hitung>F table,dengandemikianhipotesisnol (HO) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterima. Bedasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatsismpulkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarbiologisiswaantara model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI).HasilbelajarbiologikelompokLearning Cycle (LC) lebihbaikdibandingkandengankelompokkelasGroup Investigation (GI), haltersebutdibuktikandenganperolehannilai rata-rata aspekkognitifdarimasingmasing model pembelajaran. Kata kunci : model pembelajaranLearning Cycle (LC) danGroup Investigation (GI), Hasilbelajar date: 2017-08-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://eprints.unpak.ac.id/5036/2/2017%20P.BIO%20Delina%20Marcelin.pdf identifier: Marcelin, Delina and Rostikawati, Teti and Yani, Indri (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE(7E) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.