@phdthesis{eprintsunpak5039, year = {2017}, title = {PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING LEARNING Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Taruna Terpadu Bogor Centre School}, school = {Universitas Pakuan}, month = {December}, author = {Fitri Nur Hardianti and Nandang Hidayat and Surti kumiasih}, abstract = {NUR FITRI HARDIANTI. 036113024. PerbedaanKeterampilan Proses SainsSiswaMenggunakan Model PembelajaranGuided InquirydanProblem Solving Learning. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbingan Dr. NandangHidayat, M.Pd, dan Dr. SurtiKurniasih, M.Si. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanketerampilan proses sainssiswa yang menggunakan model pembelajaranGuided InquirydanProblem Solving Learningpadasiswakelas XI SMA TarunaTerpadu Bogor Centre School denganmateristrukturdanfungsijaringantumbuhandanhewan. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif-quasieksperimen. PenelitiandilaksanakanpadabulanJulihinggaAgustus 2017. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI MIPA di SMA TarunaTerpadu Bogor Centre School tahunakademik 2017/2018. Sampel yang digunakanadalahkelas XI MIPA 1 untukkelaseksperimen I yang diberiperlakuan model pembelajaranGuided Inquirydenganjumlah 34 siswa, dankelas XI MIPA 2 untukkelaseksperimen II yang diberiperlakuan model pembelajaranProblem Solving Learningdenganjumlah 37 siswa. Hasilpengujianhipotesisdenganuji t padatarafsignifikan {\ensuremath{\alpha}} = 5 \% (0,05) diperolehthitung{\ensuremath{>}}ttabel. Dengandemikianhipotesisnol (H0) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterima. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanketerampilan proses sainsantarasiswa yang menggunakan model pembelajaranGuided Inquiry dengansiswa yang menggunakan model pembelajaranProblem Solving Learning. Diantarakedua model eksperimentersebut, hasilketerampilan proses sainsdenganmenggunakan model pembelajaranGuided Inquiry lebihbaikdibandingkandengan model pembelajaranProblem Solving Learning. Hal inidapatterlihatdariskor N-GainpadakelompokkelasGuided Inquirysebesar 56,84sedangkanpadakelompokkelasProblem Solving Learningsebesar 49,54. Kata Kunci : Keterampilan Proses SainsSiswa, Guided InquirydanProblem Solving Learning}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5039/} }