eprintid: 5039 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/39 datestamp: 2022-09-12 03:33:34 lastmod: 2022-09-15 03:48:57 status_changed: 2022-09-12 03:34:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hardianti, Fitri Nur creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: kumiasih, Surti creators_NPM: 036113024 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: kumiasih, Surti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING LEARNING Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Taruna Terpadu Bogor Centre School ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: NUR FITRI HARDIANTI. 036113024. PerbedaanKeterampilan Proses SainsSiswaMenggunakan Model PembelajaranGuided InquirydanProblem Solving Learning. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbingan Dr. NandangHidayat, M.Pd, dan Dr. SurtiKurniasih, M.Si. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanketerampilan proses sainssiswa yang menggunakan model pembelajaranGuided InquirydanProblem Solving Learningpadasiswakelas XI SMA TarunaTerpadu Bogor Centre School denganmateristrukturdanfungsijaringantumbuhandanhewan. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif-quasieksperimen. PenelitiandilaksanakanpadabulanJulihinggaAgustus 2017. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI MIPA di SMA TarunaTerpadu Bogor Centre School tahunakademik 2017/2018. Sampel yang digunakanadalahkelas XI MIPA 1 untukkelaseksperimen I yang diberiperlakuan model pembelajaranGuided Inquirydenganjumlah 34 siswa, dankelas XI MIPA 2 untukkelaseksperimen II yang diberiperlakuan model pembelajaranProblem Solving Learningdenganjumlah 37 siswa. Hasilpengujianhipotesisdenganuji t padatarafsignifikan α = 5 % (0,05) diperolehthitung>ttabel. Dengandemikianhipotesisnol (H0) ditolakdanhipotesisalternatif (Ha) diterima. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, dapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanketerampilan proses sainsantarasiswa yang menggunakan model pembelajaranGuided Inquiry dengansiswa yang menggunakan model pembelajaranProblem Solving Learning. Diantarakedua model eksperimentersebut, hasilketerampilan proses sainsdenganmenggunakan model pembelajaranGuided Inquiry lebihbaikdibandingkandengan model pembelajaranProblem Solving Learning. Hal inidapatterlihatdariskor N-GainpadakelompokkelasGuided Inquirysebesar 56,84sedangkanpadakelompokkelasProblem Solving Learningsebesar 49,54. Kata Kunci : Keterampilan Proses SainsSiswa, Guided InquirydanProblem Solving Learning date: 2017-12-19 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hardianti, Fitri Nur and Hidayat, Nandang and kumiasih, Surti (2017) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING LEARNING Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Taruna Terpadu Bogor Centre School. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5039/1/2017%20P.BIO%20Nur%20Fitri%20Hardianti.pdf