<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA \r\nPELAJARAN BAHASA SUNDA\r\nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa \r\nKelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil\r\nTahun Pelajaran 2016/2017"^^ . "Ammar Abdussalam Mawahib 037111260 Penerapan Model \r\nPembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa \r\nSunda pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Materi Dongeng di kelas VI \r\nSekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Skripsi Program Studi\r\nPendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan \r\nUniversitas Pakuan Bogor 2017.\r\nSubjek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester ganjil tahun pelajaran \r\n2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa terdiri dari 16 siswa \r\nlaki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan \r\nPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertidnak sebagai \r\npengajar langsung dan kolabolator sebagai pengamat. Prosedur kerja \r\ndilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, \r\npelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan \r\nkelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua \r\nsama-sama dilakukan satu kali pertemuan. Setelah diterapkan model \r\npembelajaran Role Playing hasil belajar Bahasa Sunda meningkat dari \r\nsiklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai \r\nrata-rata kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata \r\n70 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 92 dengan kategori \r\nberkualitas. Begitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukkan \r\npeningkatan, pada siklus I rata-rata 69,31 kemudian pada siklus II \r\nmeningkat menjadi 81,61 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi \r\nketerampilan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 29 \r\nkemudian pada siklus II meningkat menjadi 81 dengan kategori sangat \r\nbaik. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes awal adalah 60 dengan \r\nketuntasan hasil belajar 39% dan pada siklus II adanya peningkatan \r\nmenjadi 76 dengan ketuntasan hasil belajar 81%. Dari hasil penelitian \r\ndapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing \r\ndapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Sunda di kelas VI Sekolah \r\nDasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Kecamatan Bogot Timur.\r\nKata kunci : Pendidikan karakter, Proses pembelajaran aktif, Kebiasaan \r\nbelajar siswa"^^ . "2017-05-23" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Wawan syahiril"^^ . "anwar"^^ . "Wawan syahiril anwar"^^ . . "Dadang"^^ . "Kurnia"^^ . "Dadang Kurnia"^^ . . "Wawan Syahiril"^^ . "Anwar"^^ . "Wawan Syahiril Anwar"^^ . . "Ammar Abdussalam"^^ . "Mawahib"^^ . "Ammar Abdussalam Mawahib"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING\r\nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA \r\nPELAJARAN BAHASA SUNDA\r\nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa \r\nKelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil\r\nTahun Pelajaran 2016/2017 (Text)"^^ . . . "2017 PGSD AMMAR ABDUSSALAM MAWAHIB.pdf"^^ . . "HTML Summary of #5041 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING \nUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA \nPELAJARAN BAHASA SUNDA \nStudi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa \nKelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil \nTahun Pelajaran 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .