eprintid: 5041 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/41 datestamp: 2022-09-13 03:00:56 lastmod: 2022-09-14 07:43:48 status_changed: 2022-09-13 03:00:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mawahib, Ammar Abdussalam creators_name: Kurnia, Dadang creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_NPM: 037111260 creators_NPM: 0008045902 creators_NPM: 0022096401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurnia, Dadang contributors_name: anwar, Wawan syahiril contributors_NIDN: 0008045902 contributors_NIDN: 0022096401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Ammar Abdussalam Mawahib 037111260 Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Sunda pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Materi Dongeng di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana peneliti bertidnak sebagai pengajar langsung dan kolabolator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua sama-sama dilakukan satu kali pertemuan. Setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing hasil belajar Bahasa Sunda meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata 70 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 92 dengan kategori berkualitas. Begitu pula dengan hasil observasi sikap siswa menunjukkan peningkatan, pada siklus I rata-rata 69,31 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,61 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi keterampilan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 29 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes awal adalah 60 dengan ketuntasan hasil belajar 39% dan pada siklus II adanya peningkatan menjadi 76 dengan ketuntasan hasil belajar 81%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Sunda di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Kecamatan Bogot Timur. Kata kunci : Pendidikan karakter, Proses pembelajaran aktif, Kebiasaan belajar siswa date: 2017-05-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mawahib, Ammar Abdussalam and Kurnia, Dadang and Anwar, Wawan Syahiril (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5041/1/2017%20PGSD%20AMMAR%20ABDUSSALAM%20MAWAHIB.pdf