%X Nurhani Dayanti, 036113079. Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Dan MGR (Marry Go Round) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa, Universitas Pakuan, Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A, S.U dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan objek yang diteliti. Tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cibitung yang terdiri dari 45 jumlah siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Di setiap akhir siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Pencapaian KKM hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,05%. Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif yang diuji melalui skala sikap, pencapaian kriteria keberhasilan kategori baik pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78%. Persentase pencapaian KKM telah mencapai 75%, pada hasil belajar ranah kognitif dan afektif, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Penerapan model STAD (Student Team Achievement Division) dan MGR (Marry Go Ro Kata Kunci: Hasil belajar, model STAD (Student Team Achievement Division) dan MGR (Marry Go Roundund) juga meningkatkan hasil belajar biologi siswa. %I Universitas Pakuan %D 2017 %A Nurhani Dayanti %A Triasianingrum %A Surti Kurniasih %L eprintsunpak5053 %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MGR (MARRY GO ROUND) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Cibitung)