eprintid: 5053 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/53 datestamp: 2022-09-13 03:59:18 lastmod: 2022-09-15 03:06:21 status_changed: 2022-09-13 03:59:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dayanti, Nurhani creators_name: Triasianingrum, creators_name: Kurniasih, Surti creators_NPM: 036113079 creators_NPM: 0018045502 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Triasiningrum, contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_NIDN: 0018045502 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MGR (MARRY GO ROUND) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Cibitung) ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nurhani Dayanti, 036113079. Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Dan MGR (Marry Go Round) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa, Universitas Pakuan, Bogor. Dibawah Bimbingan Dra. Triasianingrum A, S.U dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan objek yang diteliti. Tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cibitung yang terdiri dari 45 jumlah siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4 tahapan antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Di setiap akhir siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Pencapaian KKM hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 82,05%. Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif yang diuji melalui skala sikap, pencapaian kriteria keberhasilan kategori baik pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78%. Persentase pencapaian KKM telah mencapai 75%, pada hasil belajar ranah kognitif dan afektif, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Penerapan model STAD (Student Team Achievement Division) dan MGR (Marry Go Ro Kata Kunci: Hasil belajar, model STAD (Student Team Achievement Division) dan MGR (Marry Go Roundund) juga meningkatkan hasil belajar biologi siswa. date: 2017-12-20 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Dayanti, Nurhani and Triasianingrum and Kurniasih, Surti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MGR (MARRY GO ROUND) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Cibitung). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5053/1/2017%20P%20BIO%20NURHANI%20DAYANTI.pdf