%0 Thesis %9 Skripsi %A Karlita, Windi %A Muhajang, Tatang %A Anjaswuri, Fitri %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidiksn Guru Sekolah Dasar, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2022 %F eprintsunpak:5054 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEMERU 06 (Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Semeru 06 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/202 %U http://eprints.unpak.ac.id/5054/ %X ABSTRAK Windi Karlita 037116087 Analisis Interaksi Sosial Peserta Didik Slow learner. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Interaksi Sosial Peserta Didik Slow learner. Bertempat di Sekolah Dasar Negeri 6 Semeru Kota Bogor dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak Slow learner ringan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokmentasi. Instrument berupa pedoman pertanyaan wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peserta didik slow learner dapat maupun berinteraksi social dengan cukup baik dan wajar pada saat di sekoah maupun di rumah, baik itu dengan guru, orang tua, peserta didik dan sesama peserta didik slow learner. Pada saat berinteraksi social, peserta didik slow learner di dukung dengan adanya penerimaan teman- temannya dan upaya guru serta orang tua dalam menyampaikan isi pesan dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan memberikan keleluasaan berpendapat. Sehingga dapat menghasilkan komunikasi yang positif dan dapat membuat peserta didik slow learner dapat bercerita, melakukan Tanya jawab atau adanya respon ketika berkomunikasi. Kata kunci : Interaksi Sosial dan Slow Learner