<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK"^^ . "AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.\r\n\tPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik wawancara dengan berbagai informan, observasi, dan studi dokumen digunakan untuk mendapatkan data yang berfokus pada Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif analitik yang bersifat kontekstual langsung dengan subyek (naturalistic inquiry), menekankan pada proses yang berlangsung mengenai sub fokus Perencanaan, sub fokus Pelaksanaan, dan sub fokus Monitoring dan Evaluasi Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok, dengan hasil penelitian yang menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama, muatan dan struktur Kurikulum Sains Biologi di LP OSN Depok mengikuti Kurikulum Sains Biologi Internasional (International Biology Olimpiad; IBO). Kedua, Ada dua prinsip/pola pelaksanaan belajar dan latihan Siswa OSN Biologi, yaitu saat Siswa OSN Biologi belajar/latihan di Kelas dan saat Siswa belajar/latihan Mandiri. Buku yang paling direkomendasikan untuk Siswa OSN Biologi adalah buku Biologi karya Campbell. Ketiga, Tentor biologi biasa melakukan pengawasan terhadap siswa-siswanya via grup Line dan email. Grup line diperuntukan untuk pembahasan ringan, sedangkan email untuk pembahasan materi yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih detail. Setelah kegiatan pelatihan selesai, tindak lanjut yang diberikan tentor adalah memberikan bahan belajar kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat belajar mandiri di luar kegiatan pelatihan. Bahan belajar yang diberikan siswa adalah berbentuk video, slide presentasi, e-book, dll. Selain memberikan bahan belajar tentor mereferensikan website-website pembelajaran biologi, khususnya mengenai OSN Biologi.\r\n\r\n\r\n\r\nKata kunci:\tOlimpiade Sains Nasional Biologi, Manajemen, Kurikulum, \t\t\tPemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir."^^ . "2017-07-31" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Surti"^^ . "Kurniasih"^^ . "Surti Kurniasih"^^ . . "Rita"^^ . "Retnowati"^^ . "Rita Retnowati"^^ . . "Ahmad Galih"^^ . "Priantama"^^ . "Ahmad Galih Priantama"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK (Text)"^^ . . . "2017 P BIO AHMAD GALIH PRIANTAMA.pdf"^^ . . "HTML Summary of #5055 \n\nMANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .