eprintid: 5055 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/55 datestamp: 2022-09-13 03:58:06 lastmod: 2022-09-14 07:15:15 status_changed: 2022-09-13 03:58:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Priantama, Ahmad Galih creators_name: Retnowati, Rita creators_name: Kurniasih, Surti creators_NPM: 036112069 creators_NPM: 042205640 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Retnowati, Rita contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_NIDN: 042205640 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: AHMAD GALIH PRIANTAMA. 036112069. Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional Biologi di Lembaga Pelatihan OSN Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik wawancara dengan berbagai informan, observasi, dan studi dokumen digunakan untuk mendapatkan data yang berfokus pada Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok. Metode yang digunakan melalui pendekatan deskriptif analitik yang bersifat kontekstual langsung dengan subyek (naturalistic inquiry), menekankan pada proses yang berlangsung mengenai sub fokus Perencanaan, sub fokus Pelaksanaan, dan sub fokus Monitoring dan Evaluasi Manajemen Kurikulum Sains dalam Pelatihan Siswa yang mengikuti OSN Biologi di LP OSN Depok, dengan hasil penelitian yang menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: Pertama, muatan dan struktur Kurikulum Sains Biologi di LP OSN Depok mengikuti Kurikulum Sains Biologi Internasional (International Biology Olimpiad; IBO). Kedua, Ada dua prinsip/pola pelaksanaan belajar dan latihan Siswa OSN Biologi, yaitu saat Siswa OSN Biologi belajar/latihan di Kelas dan saat Siswa belajar/latihan Mandiri. Buku yang paling direkomendasikan untuk Siswa OSN Biologi adalah buku Biologi karya Campbell. Ketiga, Tentor biologi biasa melakukan pengawasan terhadap siswa-siswanya via grup Line dan email. Grup line diperuntukan untuk pembahasan ringan, sedangkan email untuk pembahasan materi yang kompleks yang membutuhkan penjelasan lebih detail. Setelah kegiatan pelatihan selesai, tindak lanjut yang diberikan tentor adalah memberikan bahan belajar kepada siswa dengan maksud agar siswa dapat belajar mandiri di luar kegiatan pelatihan. Bahan belajar yang diberikan siswa adalah berbentuk video, slide presentasi, e-book, dll. Selain memberikan bahan belajar tentor mereferensikan website-website pembelajaran biologi, khususnya mengenai OSN Biologi. Kata kunci: Olimpiade Sains Nasional Biologi, Manajemen, Kurikulum, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir. date: 2017-07-31 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Priantama, Ahmad Galih and Retnowati, Rita and Kurniasih, Surti (2017) MANAJEMEN KURIKULUM SAINS DALAM PELATIHAN SISWA YANGMENGIKUTI OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIOLOGI DI LEMBAGA PELATIHAN OSN DEPOK. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5055/1/2017%20P%20BIO%20AHMAD%20GALIH%20PRIANTAMA.pdf