eprintid: 5057 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/57 datestamp: 2022-09-13 03:13:41 lastmod: 2022-09-15 03:41:53 status_changed: 2022-09-13 03:13:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratama, Wisnu Surya creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Istiana, Rita creators_NPM: 036113088 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0413018604 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: Istiana, Rita contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0413018604 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORYTENTANG PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI KECERDASAN NATURALIS ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: WISNU SURYA PRATAMA. 036113088. Analisis Sequential Explanatory Tentang Partisipasi Siswa Dalam Menjaga Kesehatan Lingkungan Ditinjau Dari Kecerdasana Naturalis. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah Bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M. Pd. Dan Rita Istiana, S. Si., M. Pd. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-explanatory.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kecerdasan naturalis dengan partisipasi siswa dalam menjaga kesehatan lingkungan dan faktor lain yang mempengaruhinya selain kecerdasan naturalias. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Oktober 2017. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kecamatan Bogor Selatan tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dan Slovin. Sampel sebanyak 169 siswa terdiri dari 97 siswa SMPN 9 Bogor dan 72 siswa SMPN 13 Bogor.Berdasarkan hasil uji keberartian dan uji linieritas maka dapat disimpulkan bahwa analisis regresi sederhana dengan persamaan Ŷ = 54,632 + 0,547Xadalah signifikan dan linier. Berdasarkan hasil penelitian kuantitatif diperoleh nilai koefisien korelasi (ry) antara kecerdasan naturalis dengan partisipasi siswa dalam menjaga kesehatan lingkungan sebesar 0,407. Nilai koefisien korelasi ini menunjukan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, berarti kecerdasan naturalis memberikan kontribusi cukuptinggi terhadap partisipasi siswa dalam menjaga kesehatan lingkungan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap beberapa sumber, terdapat faktor lain yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam menjaga kesehatan lingkungan antara lain, pergaulan dengan teman dilingkungan rumah maupun sekolah, pengetahuan atau pemahaman siswa mengenai fungsi pentimg makhluk hidup, kebiasaan dan kesadaran diri siswa serta bimbingan dari orangtua dan guru. Kata kunci: Kecerdasan Naturalis, Partisipasi Siswa Dalam Menjaga Kesehatan Lingkungan. date: 2017-12-20 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pratama, Wisnu Surya and Hidayat, Nandang and Istiana, Rita (2017) ANALISIS SEQUENTIAL EXPLANATORYTENTANG PARTISIPASI SISWA DALAM MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN DITINJAU DARI KECERDASAN NATURALIS. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5057/1/2017%20P%20BIO%20WISNU%20SURYA%20PRATAMA.pdf