eprintid: 5059 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/59 datestamp: 2022-09-13 03:53:39 lastmod: 2022-09-15 02:38:45 status_changed: 2022-09-13 03:53:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NurulRamadhan, Tiara creators_name: Sukmanasa, Elly creators_name: Suchyadi, Yudhie creators_NPM: 037114038 creators_NPM: 0429076901 creators_NPM: 0427077402 creators_id: yudhie.suchyadi@unpak.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sukmanasa, Elly contributors_name: Suchyadi, Yudhie contributors_NIDN: 0429076901 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas V SekolahDasarNegeriBojongkopiKecamatanBojonggentengKabupatenSukabumiSemester GenapTahunPelajaran2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Tiara Nurul Ramadhan.037114038. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran lmu Pengetahuan Sosial Melalui Media Animasi.Skripsi Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2018. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan media animasi. Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas V SekolahDasarNegeriBojongkopi yang terdiridari 56 siswa.Pelaksanaanpenelitianinidilakukanpada semester IItahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianiniketuntasanhasilbelajarpadasiklus I sebesar 54%, siklus II sebesar 69%, dan siklus IIIsebesar 87%.Begitu pula denganpenilaian proses pembelajaranpadasiklus I sebesar64%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 90%. Sedangkanhasilobservasisikapsiswamemperolehnilai pada siklus I yaitu 68, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89, dan padahasilobservasiketerampilansiswamemperolehnilai pada siklus I yaitu69, siklus II yaitu 84, dan siklus III yaitu 89.Berdasarkanhasilpenelitian di atas dapatdisimpulkanbahwamenggunakan media animasidapatmemperbaikiprosespembelajaran dan meningkatkanhasilbelajarsiswa pada mata pelajaranIlmuPengetahuanSosial di kelas V SekolahDasar Negeri BojongkopiKabupatenSukabumiSemester IItahunpelajaran 2017/2018. Selainitu, dapatmeningkatkansikap dan keterampilansiswa. Kata Kunci : Media PembelajaranAnimasi, MeningkatkanHasilBelajar Mata PelajaranIlmuPengetahuanSosial. date: 2018-06-14 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: NurulRamadhan, Tiara and Sukmanasa, Elly and Suchyadi, Yudhie (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelas V SekolahDasarNegeriBojongkopiKecamatanBojonggentengKabupatenSukabumiSemester GenapTahunPelajaran2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5059/1/2018%20PGSD%20Tiara%20NurulRamadhan.pdf