TY - THES Y1 - 2017/02/04/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/5061/ A1 - Susilowati, Siska A1 - Sunardi, Oding A1 - Suhardi, Eka ID - eprintsunpak5061 N2 - SISKA SUSILOWATI 036112002. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Drs. Oding Snardi, M.Pd dan Drs. Eka Suhardi, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dan Problem Based Intruction (PBI) terhadap hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Klapanunggal tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 38 siswa, kelas XI IPA 3 untuk kelas eksperimen II yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Intruction (PBI) dengan jumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil menggunakan analisis data, diperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelompok kelas PBL sebesar 35; kelompok kelas PBI sebesar 30. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05; diperoleh thitung 3,03 sedangkan ttabel 1,99. Sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel. dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model Problem Based Learning (PBL) dan Problem Based Intruction (PBI). Hasil belajar siswa kelompok kelas PBL lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas PBI. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Problem Based Intruction (PBI), dan Hasil Bela M1 - Skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR PB - Universitas Pakuan ER -