eprintid: 5068 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/68 datestamp: 2022-09-13 03:23:18 lastmod: 2022-09-15 03:37:39 status_changed: 2022-09-13 03:23:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Gita Trisna creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037113354 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDERDI SEKOLAH ALAM DEPOK Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah AlamDepok Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Trisna Gita Handayani. 037113354. Analisis Interaksi Sosial Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok yaitu mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Subyek dapat berkerjasama ketika fasilitator memberikan tugas secara berkelompok, subyek belum dapat mengeluarkan idenya ketika mengerjakan tugas berkelompok tetapi subyek dapat membantu mengambilkan benda-benda yang dibutuhkan teman-teman kelompoknya. Sulitnya subyek dalam mengendalikan emosi membuatnya sering terpancing untuk berkelahi dengan seorang teman di kelasnya, hal ini dikarenakan ada kecemburuan sosial yang dirasakan seorang teman sekelasnya yang juga Anak Berkebutuhan Khusus karena subyek lebih disenangi teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bentuk interaksi sosial dapat mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Kata kunci: Interaksi sosial, ADHD date: 2017-07-14 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Handayani, Gita Trisna and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2017) ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDERDI SEKOLAH ALAM DEPOK Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Kelas I Sekolah AlamDepok Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5068/1/2017%20PGSD%20Trisna%20Gita%20Handayani.pdf