eprintid: 5070 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/70 datestamp: 2022-09-13 03:23:51 lastmod: 2022-09-15 02:11:25 status_changed: 2022-09-13 03:23:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriani, Marista Nur creators_name: Sutjihati, Susi creators_name: Suhardi, Eka creators_NPM: 036113015 creators_NPM: 0023095804 creators_NPM: 0416076701 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sutjihati, Susi contributors_name: Suhardi, Eka contributors_NIDN: 0023095804 contributors_NIDN: 0416076701 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: MARSITA NUR FITRIANI. 036113015. Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si dan Dr. Eka Suhardi, M.Si Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Terhadap Hasil Belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Al Furqon Cileungsi tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A untuk kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah siswa 42 orang, kelas VII B untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Introduction (PBI) dengan jumlah siswa 44 orang. Berdasarkan hasil menggunakan analisis data, diperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar pada kelompok kelas PBL sebesar 66; kelompok kelas PBI sebesar 57. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05; diperoleh t hitung 5,28 sedangkan t tabel 1,99. Sehingga diperoleh nilai t hitung > t tabel, dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI). Hasil belajar siswa kelompok kelas PBL lebih baik dibandingkan dengan kelompok kelas PBI. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Problem Based Introduction (PBI),dan Hasil Belajar date: 2017-07-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fitriani, Marista Nur and Sutjihati, Susi and Suhardi, Eka (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5070/1/2017%20P%20BIO%20MARISTA%20NUR%20FITRIANI.pdf