@phdthesis{eprintsunpak5073, year = {2017}, title = {PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN CONCEPT SENTENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DRAMAGA}, school = {Universitas Pakuan}, month = {April}, author = {Khoerunnisa and Rita Retnowati and Triasianingrum}, abstract = {KHOERUNISSA. 036112017. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Concept Sentence Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Dramaga.DibimbingolehDr. Hj. Rita Retnowati, M.SidanDra. Triasianingrum Afrikani, S.U. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaranCooperative Script denganConcept Sentence. Pada materi sistem pencernaan dan materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada BulanDesember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1Dramaga tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 7 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Scriptdengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 6 menggunaka modelConcept Sentencedengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai N-Gain kelompokCooperative Scriptsebesar 72,72 dan kelompok Concept Sentencesebesar 63,57. Hasil uji-t pada taraf signifikan {\ensuremath{\alpha}} = 0,01 diperoleh thitung= 9,79 dan ttabel = 2,65 sehingga diperoleh thitung {\ensuremath{>}} ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara Model PembelajaranCooperative ScriptdenganConcept Sentence. Hasil belajar siswa kelompok PembelajaranCooperative Scriptlebih baik dibandingkan dengan kelompokConcept Sentence. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi,Cooperative Script,Concept Sentence.}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/5073/} }