eprintid: 5073 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/73 datestamp: 2022-09-13 03:27:29 lastmod: 2022-09-15 03:26:13 status_changed: 2022-09-13 03:27:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khoerunnisa, creators_name: Retnowati, Rita creators_name: Triasianingrum, creators_NPM: 036112017 creators_NPM: 0422056401 creators_NPM: 0018045502 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Retnowati, Rita contributors_name: Triasianingrum, 0018045502 contributors_NIDN: 0422056401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN CONCEPT SENTENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DRAMAGA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: KHOERUNISSA. 036112017. Perbedaan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Concept Sentence Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Dramaga.DibimbingolehDr. Hj. Rita Retnowati, M.SidanDra. Triasianingrum Afrikani, S.U. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara model pembelajaranCooperative Script denganConcept Sentence. Pada materi sistem pencernaan dan materi sistem peredaran darah pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada BulanDesember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1Dramaga tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 7 untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Scriptdengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII 6 menggunaka modelConcept Sentencedengan jumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai N-Gain kelompokCooperative Scriptsebesar 72,72 dan kelompok Concept Sentencesebesar 63,57. Hasil uji-t pada taraf signifikan α = 0,01 diperoleh thitung= 9,79 dan ttabel = 2,65 sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara Model PembelajaranCooperative ScriptdenganConcept Sentence. Hasil belajar siswa kelompok PembelajaranCooperative Scriptlebih baik dibandingkan dengan kelompokConcept Sentence. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi,Cooperative Script,Concept Sentence. date: 2017-04-11 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Khoerunnisa and Retnowati, Rita and Triasianingrum (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN CONCEPT SENTENCE DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DRAMAGA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5073/1/2017%20P%20BIO%20KHOERUNNISA.pdf