relation: http://eprints.unpak.ac.id/5077/ title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING START WITH QUESTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 MEGAMENDUNG creator: Inggawati, Nurfajri creator: Rostikawati, Teti creator: Sunardi, Oding subject: PENDIDIKAN BIOLOGI description: NURFAJRI INGGAWATI. 036113067. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Learning Start With Question Dan Problem Based Learning Dengan Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Biologi Di SMAN 1 Megamendung. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dra. Teti Rostikawati, M.Si dan Drs. Oding Sunardi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa materi Perubahan Lingkungan Hidup. Penelitian dilakukan di kelas X-1 dengan jumlah siswa 35 orang dan X-2 dengan jumlah siswa 35 orang di SMAN 1 Megamendung Kab Bogor, pada bulan Mei-Juni 2017. Sebelum dilakukannya pemberian materi siswa terlebih dahulu diberikan pretest dari instrumen yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya, dan pada akhir penelitian siswa diberi postest. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan uji normalisa, homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Learning Start With Question presentasi pencapaian KKM dari 70 menjadi 80 dengan perolehan N-Gain sebesar 51, sedangkan kelompok kelas dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Think Talk Write mengalami peningkatan dari 70 menjadi 83 dengan perolehan N-Gain sebesar 59. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Think Talk Write lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi di kelas X SMAN 1 Megamendung. Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Learning Start With Question, Think Talk Write, Hasil Belajar Biologi. date: 2017-07-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://eprints.unpak.ac.id/5077/1/2017%20P%20BIO%20NURFAJRI%20INGGAWATI.pdf identifier: Inggawati, Nurfajri and Rostikawati, Teti and Sunardi, Oding (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING START WITH QUESTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 MEGAMENDUNG. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.