eprintid: 5077 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/77 datestamp: 2022-09-13 03:31:40 lastmod: 2022-09-15 03:27:31 status_changed: 2022-09-13 03:31:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Inggawati, Nurfajri creators_name: Rostikawati, Teti creators_name: Sunardi, Oding creators_NPM: 036113067 creators_NPM: 0018046003 creators_NPM: 0012065703 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Sunardi, Oding contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0012065703 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING START WITH QUESTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 MEGAMENDUNG ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: NURFAJRI INGGAWATI. 036113067. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Learning Start With Question Dan Problem Based Learning Dengan Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Biologi Di SMAN 1 Megamendung. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dra. Teti Rostikawati, M.Si dan Drs. Oding Sunardi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa materi Perubahan Lingkungan Hidup. Penelitian dilakukan di kelas X-1 dengan jumlah siswa 35 orang dan X-2 dengan jumlah siswa 35 orang di SMAN 1 Megamendung Kab Bogor, pada bulan Mei-Juni 2017. Sebelum dilakukannya pemberian materi siswa terlebih dahulu diberikan pretest dari instrumen yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya, dan pada akhir penelitian siswa diberi postest. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan uji normalisa, homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Learning Start With Question presentasi pencapaian KKM dari 70 menjadi 80 dengan perolehan N-Gain sebesar 51, sedangkan kelompok kelas dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Think Talk Write mengalami peningkatan dari 70 menjadi 83 dengan perolehan N-Gain sebesar 59. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Think Talk Write lebih berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi di kelas X SMAN 1 Megamendung. Kata kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Learning Start With Question, Think Talk Write, Hasil Belajar Biologi. date: 2017-07-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Inggawati, Nurfajri and Rostikawati, Teti and Sunardi, Oding (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING START WITH QUESTION DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMAN 1 MEGAMENDUNG. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5077/1/2017%20P%20BIO%20NURFAJRI%20INGGAWATI.pdf