eprintid: 5078 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/78 datestamp: 2022-09-13 03:32:33 lastmod: 2022-09-15 03:33:11 status_changed: 2022-09-13 03:32:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Trisnawati, Iin creators_name: Hidayat, Nandang creators_name: Kumiasih, Surti creators_NPM: 036114077 creators_NPM: 0008076002 creators_NPM: 0031086201 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Nandang contributors_name: kumiasih, Surti contributors_NIDN: 0008076002 contributors_NIDN: 0031086201 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: IIN TRISNAWATI. 036114077. Pengembangan LembarKerjaSiswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Nandang Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produkLembarKerjaSiswa (LKS) berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Berdasarkan analisis Lembar Kerja Siswa (LKS), ditemukan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan hanya sedikit dikaitkan dengan kehidupan keseharian siswa. Kemudian, hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiandan pengembanganatauResearch and Development (R&D) dengan model 4-D. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga Desember 2018. Sasaranpenelitian adalah siswa kelas XMIPA 4 di SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Bogor tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa.Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap uji coba terbatasmenggunakandesainpenelitianone group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yaitu dengan validasi LKS oleh 3 ahli, penilaian hasil belajar dengan memberikan soal pilihan ganda, dan respon siswa terhadap LKS. LKS yang sudah valid di uji coba secara terbatas di kelas X. Data hasil validasi ahli memperoleh nilai diatas 79% dengan kategori validdantidakperlurevisi. Pencapaian hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata N-Gain 0,39% termasuk dalamkategori sedang dan respon siswa terhadap LKS memiliki nilai rata-rata diatas 80% termasuk dalam katagori sangat baik. Kata Kunci:LembarKerjaSiswa (LKS), PembelajaranKontekstual, Hasil Belajar date: 2019-02-21 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Trisnawati, Iin and Hidayat, Nandang and Kumiasih, Surti (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Skripsi Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5078/1/2019%20P.BIO%20Iin%20Trisnawati.pdf