%0 Thesis %9 Skripsi %A Maulidda, Rizkya %A Anwar, Syahiril Wawan %A Sundari, Fitri Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2018 %F eprintsunpak:5081 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cirimekar 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/5081/ %X RizkyaMaulidda NPM. 037114399. Penerapan Model PembelajaranKooperatifStudent Teams Achievement DivisionsUntukMeningkatkanHasilBelajarpada Mata PelajaranIlmuPengetahuanAlamdi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasPakuan, Bogor. 2018.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIlmuPengetahuanAlamkelas V. PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas. Dilaksanakansecarakolaboratifdenganduasiklus. Penelitiandilakukandi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor, pesertapenelitianadalahsiswakelas VB dengansiswasebanyak 40 orang yang terdiridari 17 orang laki-lakidan 23 orang perempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperbaikan proses pembelajaranpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 75% danmengalamipeningkatanpadasiklus II denganmemperolehnilai rata-rata menjadi 89%, begitu pula denganhasilobservasiperubahanperilakusiswamenunjukkanpeningkatanpercayadiri, dantanggungjawabsiswadengannilai67% padasiklus I danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai88%. Kemudiannilai rata-rata darihasilbelajarpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 74 danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai rata-rata 85. Kesimpulanhasilpenelitianinibahwapenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dalampembelajaranIlmuPengetahuanAlamdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVB di SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Kata Kunci: HasilBelajar, Model Student Teams Achievement Divisions, IlmuPengetahuanAlam