eprintid: 5081 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/50/81 datestamp: 2022-09-13 03:33:15 lastmod: 2022-09-15 03:32:13 status_changed: 2022-09-13 03:33:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Maulidda, Rizkya creators_name: Anwar, Syahiril Wawan creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037114399 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: .Anwar, Sy. Wawan contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cirimekar 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: RizkyaMaulidda NPM. 037114399. Penerapan Model PembelajaranKooperatifStudent Teams Achievement DivisionsUntukMeningkatkanHasilBelajarpada Mata PelajaranIlmuPengetahuanAlamdi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar. FakultasKeguruandanIlmuPendidikan. UniversitasPakuan, Bogor. 2018.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIlmuPengetahuanAlamkelas V. PenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas. Dilaksanakansecarakolaboratifdenganduasiklus. Penelitiandilakukandi SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor, pesertapenelitianadalahsiswakelas VB dengansiswasebanyak 40 orang yang terdiridari 17 orang laki-lakidan 23 orang perempuan. Penelitianinidilaksanakanpada semester genaptahunpelajaran 2017/2018.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperbaikan proses pembelajaranpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 75% danmengalamipeningkatanpadasiklus II denganmemperolehnilai rata-rata menjadi 89%, begitu pula denganhasilobservasiperubahanperilakusiswamenunjukkanpeningkatanpercayadiri, dantanggungjawabsiswadengannilai67% padasiklus I danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai88%. Kemudiannilai rata-rata darihasilbelajarpadasiklus I memperolehnilai rata-rata 74 danpadasiklus II mengalamipeningkatandengannilai rata-rata 85. Kesimpulanhasilpenelitianinibahwapenerapan model pembelajaranStudent Teams Achievement Divisions dalampembelajaranIlmuPengetahuanAlamdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVB di SekolahDasarNegeriCirimekar 02 Kabupaten Bogor. Kata Kunci: HasilBelajar, Model Student Teams Achievement Divisions, IlmuPengetahuanAlam date: 2018-06-13 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Maulidda, Rizkya and Anwar, Syahiril Wawan and Sundari, Fitri Siti (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cirimekar 02 Kabupaten Bogor Semester GenapTahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5081/1/2018%20PGSD%20Rizkya%20Maulidda.pdf