%0 Thesis %9 Skripsi %A Fillaeli, Nanda Nidya %A Hidayat, Rais %A Suchyadi, Yudhie %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:5103 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kausal di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 %U http://eprints.unpak.ac.id/5103/ %X Nanda Nidya Fillaeli, 037114162. Pengaruh Persepsi Siswa atas Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan pelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel persepsi siswa atas manajemen kelas dan motivasi belajar siswa. Uji validitas instrumen manajemen kelas dan motivasi belajar dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi yang ditetapkan sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,41 atau sebesar 41%. Hal ini berarti nilai kontribusi persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41%, melalui persamaan regresi Ŷ=15,53+0,87X. Sisanya sebanyak 59% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Semakin baik manajemen kelas yang dilakukan maka akan semakin meningkat motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar