eprintid: 5103 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/03 datestamp: 2022-09-13 03:43:42 lastmod: 2022-09-15 03:19:42 status_changed: 2022-09-13 03:43:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fillaeli, Nanda Nidya creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Suchyadi, Yudhie creators_NPM: 037114162 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0427077402 creators_id: yudhie.suchyadi@unpak.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Suchyadi, Yudhie contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0427077402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kausal di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Nanda Nidya Fillaeli, 037114162. Pengaruh Persepsi Siswa atas Manajemen Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Tujuan pelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel persepsi siswa atas manajemen kelas dan motivasi belajar siswa. Uji validitas instrumen manajemen kelas dan motivasi belajar dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor yang berjumlah 105 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi yang ditetapkan sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi sebesar 0,64. Ini menunjukkan adanya pengaruh persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,41 atau sebesar 41%. Hal ini berarti nilai kontribusi persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41%, melalui persamaan regresi Ŷ=15,53+0,87X. Sisanya sebanyak 59% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi siswa atas manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Semakin baik manajemen kelas yang dilakukan maka akan semakin meningkat motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar date: 2018-07-27 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Fillaeli, Nanda Nidya and Hidayat, Rais and Suchyadi, Yudhie (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS MANAJEMEN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Studi Kausal di Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Leuwiliang 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5103/1/2018%20PGSD%20NANDA%20NIDYA%20FILLAELI.pdf