eprintid: 5105 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/05 datestamp: 2022-09-13 03:44:13 lastmod: 2022-09-15 03:17:27 status_changed: 2022-09-13 03:44:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Fitr creators_name: Sarimanah, Eri creators_name: Budiana, Sandi creators_NPM: 032113087 creators_NPM: 0019066501 creators_NPM: 0421106801 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sarimanah, eri contributors_name: budiana, sandi contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0421106801 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PBSI title: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 GUNUNG PUTRI BOGOR SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Ujian Akhir Sarjana Pendidikan ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Fitri Handayani: Penerapan Model Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMAN 1 Gunung Putri Bogor. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Putri Bogor dan untuk mengetahui ada tidaknya kendala penerapan model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMAN 1 Gunuung Putri Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Putri yang terdiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI Ips 3 (kelas eksperimen) yang berjumlah 38 dan kelas XI Ips 4 (kelas kontrol) yang berjumlah 37. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan penerapan cooperative script mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata rata di kelas eksperimen yang semula 69,02 dan berada pada tingkat penguasaan 69,02% dengan interpretasi kurang berhasil meningkat menjadi 79,57 dan berada pada tingkat penguasaan 79,57% dengan interpretasi berhasil. Kemudian dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh = 3,38 lebih besar dari baik dari harga = 1,67 dan harga =2,39. Dengan demikian lebih besar dari pada yaitu 1,67 <3,38>2,39. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Dilihat berdasarkan hasil angket yang diperoleh menunjukkan bahwa pada setiap pertanyaan tentang kendala siswa pada penerapan cooperative script dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Putri sebagian kecil masih mengalami kendala. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMAN 1 Gunung Putri masih mengalami kendala pada penerapan model cooperative script. Kata Kunci : keterampilan menulis, teks prosedur, cooperative script date: 2017-10-23 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Handayani, Fitr and Sarimanah, Eri and Budiana, Sandi (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 GUNUNG PUTRI BOGOR SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Ujian Akhir Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5105/1/2017%20B.%20INDO%20Fitri%20Handayani.pdf