eprintid: 511 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/05/11 datestamp: 2022-08-26 12:52:30 lastmod: 2022-08-26 12:52:30 status_changed: 2022-08-26 12:52:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Billa, Audia Salsa creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Santa, creators_NPM: 037117097 creators_NPM: 1.1006025469 creators_NPM: 1.1011047556 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Santa, contributors_NIDN: 1.1006025469 contributors_NIDN: 1.1011047556 title: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Neglasari Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Audia Salsa Billa 037117097. Pengaruh Interaksi Sosial dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Subtema Peristiwa Mengisi Kemerdekaan. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05 Dramaga Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 73 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,474. Ini menunjukkan adanya pengaruh antara interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,2246 atau sebesar 22,46%. Sisanya sebanyak 77,54% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada siswa sebesar 22,46% ditentukan oleh interaksi sosial dalam pembelajaran melalui persamaan regresi Ŷ = 11,39 + 0,50X, artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial dalam pembelajaran akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan sebesar 0,50 unit. Berdasarkan hasi penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial dalam pembelajaran terhadap hasil belajar subtema peristiwa mengisi kemerdekaan pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05 Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Hasil Belaja date: 2021-09-16 institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Billa, Audia Salsa and Budiana, Sandi and Santa (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PERISTIWA MENGISI KEMERDEKAAN Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Neglasari Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/511/1/2021PGSD%20AUDIA.pdf