TY - THES N2 - Beatrix Yuliana: Penerapan Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMP YP 17 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2015. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui penerapan model Explicit Intruction dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dan untuk mengetahui kendala siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model explicit intruction. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor, dengan sampel siswa kelas VII-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 66 atau 66% dan nilai postes 89 atau 89%. Nilai rata-rata kelas kontrol pada prates 61 atau 61% dan nilai postes 75 atau 75%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan untuk membandingkan hasil pembelajaran dikedua kelas digunakan rumus t-tes, diperoleh to = 3 ,50 lebih besar dari harga tt baik pada signifikan 5% maupun 1%. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor mengalami kendala dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction dari 22 siswa yang dijadikan sampel penelitian, 10 responden atau 45% menjawab tidak mengalami kendala pada saat di tugaskan guru untuk menulis karangan eksposisi. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Eksposisi, Explicit Intruction. A1 - Yuliana, Beatrix A1 - Rosdiana, Rina A1 - Yazidi, Akhmad Y1 - 2015/07/13/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/5116/ PB - Universitas Pakuan TI - PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP YP 17 BOGOR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Sarjana Pendidikan ID - eprintsunpak5116 AV - public M1 - Skripsi ER -