eprintid: 5116 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/51/16 datestamp: 2022-09-13 03:45:27 lastmod: 2022-09-15 03:15:24 status_changed: 2022-09-13 03:45:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yuliana, Beatrix creators_name: Rosdiana, Rina creators_name: Yazidi, Akhmad creators_NPM: 032110106 creators_NPM: 0017017001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Yazidi, Akhmad contributors_NIDN: 0017017001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PBSI title: PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP YP 17 BOGOR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Sarjana Pendidikan ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Beatrix Yuliana: Penerapan Model Explicit Intruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VII SMP YP 17 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2015. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui penerapan model Explicit Intruction dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dan untuk mengetahui kendala siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model explicit intruction. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor, dengan sampel siswa kelas VII-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 66 atau 66% dan nilai postes 89 atau 89%. Nilai rata-rata kelas kontrol pada prates 61 atau 61% dan nilai postes 75 atau 75%. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan untuk membandingkan hasil pembelajaran dikedua kelas digunakan rumus t-tes, diperoleh to = 3 ,50 lebih besar dari harga tt baik pada signifikan 5% maupun 1%. Hal ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP YP 17 Bogor mengalami kendala dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan model Explicit Intruction dari 22 siswa yang dijadikan sampel penelitian, 10 responden atau 45% menjawab tidak mengalami kendala pada saat di tugaskan guru untuk menulis karangan eksposisi. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Eksposisi, Explicit Intruction. date: 2015-07-13 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Yuliana, Beatrix and Rosdiana, Rina and Yazidi, Akhmad (2015) PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP YP 17 BOGOR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Menempuh Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/5116/1/2015%20B.%20INDO%20Beatrix%20Yuliana.pdf