%0 Thesis %9 Skripsi %A Azizah, Nur %A Patras, Yuyun Elizabeth %A Suhendra %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2018 %F eprintsunpak:5120 %I Universitas Pakuan %T HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MINAT BACA SISWA StudiKorelasionalmelaluipendekatan survey di kelas VISekolahDasarNegeri 05 GunungPutriKecamatanGunungPutriKabupatenBogor Semester GanjilTahunpelajaran2018/2019 %U http://eprints.unpak.ac.id/5120/ %X NurAzizah. 037114335. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Baca Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan jenis pendekatan korelasional yang terdiri dari pola asuh orang tua sebagai variabel bebas dan Minat Baca siswa sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan Minat Baca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI A, VI B, dan VI C Sekolah Dasar Negeri 05 Gunungputri Kabupaten Bogor yang terdiri dari 52 sampel responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian ini berupa angket. angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang Pola Asuh Orang Tua dan Minat Baca Siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Person Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Nilai rata-rata pola asuh orang tua berada pada taraf interpretasi sedang dengan nilai106,442 dan nilai rata-rata minat baca diri siswa berada pada taraf interpretasi baik dengan nilai 95,8. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,62. Ini menunjukkan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,3844 atau sebesar 38%. Hal ini berarti nilai pola asuh orang tua terhadap konsep minat baca siswa sebesar 38%, melalui persamaan regresi Y ̂= -65,22 + 1,513X. Sisanya sebanyak 62% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikansi antara pola asuh orang tua terhadap minat baca siswa. Hal ini berarti untuk meningkatkan pola asuh orang tua maka harus memperhatikan minat baca siswa. Kata kunci : pola asuh orang tuadan minat baca.